Moment

Rabu, 18 Mei 2016

EDM HISTORY

Sejarah EDM ( Electronic Dance Music )

EDM atau Electronic Dance Music belakangan ini sudah tidak asing di telinga kita. Atau mungkin bagi mereka yang belum tau apa itu EDM paling tidak sudah pernah sebelumnya mengenal yang namanya DJ ( Disc Jokey ), Turntable, DJ Gears, CD Decks dan lainnya. Sebagian orang mungkin mengenal EDM ini adalah musik genre baru. Sayangnya mereka keliru, karena EDM sudah ada sejak sekitaran tahun 1970an.

Baiklah kita akan sedikit melihat ke masa lalu untuk mencari tau tentang musik EDM ini yang sekarang sudah bukan sekedar musik saja, namun bisa di bilang sebagai gaya hidup kebanyakan anak sekarang yang menyukai Party.




Sekitar tahun 1970 EDM dimainkan dengan alat-alat analog seperti Drum Machine, Synth, Piringan Hitam, dan lainnya. Jenis genre yang dikenalpun tak lain adalah Disco. Electronic Disco, Gershon Kingsley bisa dibilang sebagai orang yang sukses membawa musik EDM ke banyak peminat musik, tidak salah beliau bisa dijuluki sebagai kunci keberadaan EDM. Lagunya dengan judul "Popcorn" booming ketika saat itu di cover oleh Band Hot Butter 1972, dan saat itu juga penggarapan musik Electronic Disco semakin berkembang. Suara Synthesizer dan Drum Machine pun adalah hal yang pasti di perlihatkan untuk rekaman Electronic Disco jelang akhir tahun 1970an menuju 1980.




Meskipun EDM sangat sedikit peminat untuk genre musik ini ( pada saat itu band-band metal, rock, blues adalah genre yang paling banyak digemari ) namun genre ini tidaklah hilang begitu saja, nyatanya pada tahun 1977 The Blur dengan lagunya Boys and Girls mampu mendapatkan perhatian dari penikmat musik pada era tersebut. walaupun seperti sebuah Band, namun musik yang di bawakan mereka adalah EDM.


Pada tahun 1977 hingga tahun 1983 mulailah musik baru EDM yaitu Euro Disco Scene. Euro Disco sendiri adalah musik yang di garap diluar Inggris. Khususnya Prancis, Jerman dan Italia mereka punya gaya sendiri. saat itu berbeda dibandingkan dengan Amerika didominasi oleh musik RnB.

Musik yang berkembang adalah genre Hi-NRG yang terkenal melodik dan lebih sederhana.
Di tahun 1983 mulailah banyak berkembang genre baru EDM. Adalah MIDI ( Musical Instrument Digital Interface ) melahirkan jenis-jenis musik baru seperti Freestyle, Electro-Funk dan Electronic Timbres.

Tahun 1984 lahir lagi genre House, atau Musik ala Chicago. Di Produseri oleh seorang DJ asal Chicago Jesse Saundaers And lewat lagunya "On and On" memberi kesan sendiri kepada DJ DJ baru di Chicago. Label rekaman yang ada di chicago pun menjadi terkenal dan juga menjadi HOT MIX di beberapa stasiun radio yang mempopulerkan House Musik, kemudia berhasil menarik perhatian DJ lokal yang berkolaborasi dengan Produser asal Detroit. Dan hal itu menciptakan lagi genre baru di dalam EDM yang dimulai oleh Detroit yaitu Scene Techno.



DJ Jesse Saunders And

Selanjutnya tahun 1990 hingga 2000 merupakan puncaknya musik EDM. Di Jerman lahir lagi genre baru yaitu Trance. Trance sendiri adalah perpaduan elemen musik dari pendahulunya yaitu Techno, House dan POP Style. Duo DJ Jerman "Jam & Spoon" mempunyai pengaruh besar dalam membuat genre ini. Kemudian berkembang sejak tahun 1995 hingga 2000 lewat DJ senior yang masih populer saat ini seperti "Tiesto" dan "Armin Van Buuren" mereka pun sukses melahirkan sub-genre Trance ini yaitu Classic Trance, Acid Trance, Progressive Trance, Hard Trance dan Uplifting Trance.




DJ Tiesto
Armin Van Buuren

1998 North London, UK. Lahir genre baru yaitu DUBSTEP.

Dubstep sendiri adalah paduan jenis musik Broken Beat, Drum and Bass, Jungle, Dub dan Reagge. Namun Dubstep pada saat itu tidak begitu diminati seperti sekarang. Sama seperti pendahulunya Dubstep pun terkenal lewat radio dan juga Club malam.

2000 - Sekarang Progressive House. DaftPunk yang sudah lama terlibat dalam genre EDM adalah penggerak musik EDM ketika mereka tampil di Coachella Festival tahun 2006 silam.

Kemudian semakin banyak kolaborasi antara genre-genre yang berbeda. Contoh saja saat itu 2009 David Guetta berkolaborasi dengan penyanyi RnB Kelly Rowland dengan lagu "When Love Take Over" kemudian semakin maraknya Progressive House dengan Avicii, Zedd, SHM ( Swedish House Mafia ) akhir 2013. Walaupun perubahan musik sekarang dan dahulu sangat terlihat berbeda, namun tidak menghilangkan warna dari musik di awal EDM berkembang di tahun 1970.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar